Tips memilih dan membeli Motherboard



Pada dasarnya semua motherboard memiliki fungsi dan keunggulan tersendiri. Berikut tips dalam memilih motherboard untuk komputer anda.

 
      Carilah motherboard sesuai dengan harga dan kebutuhan anda
Jumlah dana (budget) merupakan salah satu hal yang penting saat membeli komponen untuk merakit sebuah computer. Berdasarkan harga, motherboard dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1.  Motherboard terjangkau








  
2.     Motherboard menengah











3. Motherboard kelas atas











      

      Pilihlah chipset yang tepat untuk motherboard anda
Chipset merupakan komponen inti sebuah motherboard, dan sangat menentukan spesifikasi motherboard yang digunakan. Pilihlah chipset dengan teknologi paling baru, agar dapat menggunakan hardware pendukung terbaru, spserti memori DDR/DDR2/DDR3, Hard Disk serial ATA, dan sebagainya. Chipset yang umum digunakan di Indonesia antara lain intel, Via dan SiS.

Pastikan motherboard memiliki soket prosesor yang sesuai dengan prosesor anda
Motherboard harus dapat mendukung jenis prosesor terbaru, karena jika terjadi kerusakan pada prosesor dan harus dilakukan penggantian, anda tidak perlu bingung mencari prosesor yang tepat dan sesuai dengan motherboard.

Pastikan motherboard memiliki hardware terintegrasi (on board) yang lengkap
Hardware terintegrasi (on board) adalah fitur tambahan yang telah disertakan pada sebuah motherboard, sehingga kita tidak perlu membeli hardware tambahan. Hardware yang terintegrasi antara lain VGA, Sound card, LAN, dan USB.

      Pastikan motherboard dilengkapi dengan CD Driver pendukung
Driver motherboard adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengahtifkan hardware yang terintegrasi pada motherboard. Tanpa driver, komponen-komponen tersebut tidak dapat digunakan karena tidak dikenali oleh sistem operasi. Pastikan motherboard telah dilengkapi dengan CD Driver.

      Pastikan motherboard memiliki kartu garansi dan layanan purna jual yang baik
      Pastikan motherboard dalam keadaan lengkap dan baik
Kelengkapan motherboard sngat penting untuk dicek pada waktu membelinya. Pastikan terdapat CD Driver, user manual (buku manual) kabel data ATA/SATA, Kartu garansi, dan back panel atau masker motherboard (berfungsi untuk melapisi bagian belakang casing sebagai tempat konektor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar