Bikin Mini Hotspot Pakai Ponsel


Sekarang jamannya akses internet via wifi, di Kantor, Sekolah, Taman, hingga pusat belanja, hampri semua menyediakan akses internet nirkabel ini.
Namun bagaimana jika tidak ada koneksi wifi? Sedangkan anda harus terhubung ke internet bersama rekan-rekan anda?.
Nah, ponsel jaman sekarang sudah banyak yang memiliki fitur wifi. Selama ini yang kita tahu adalah bahwa dengan fitur wifi, anda bisa terkoneksi ke internet jaringan hotspot wifi.  Tapi tahukah anda, bahwa ponsel berkemampuan wifi juga bisa jadi hotspot yang bisa di akses oleh ponsel atau perangkat lain?.

Pakai JoikuSpot
JoikuSpot memungkinkan anda untuk melakukan sharing akses internet ponsel Symbian Smartphone’s 3G melalui Wifi kepada perangkat apa saja. JoikuSpot software bekerja pada ponsel Symbian S60 3rd edition atau S60 5th edition seperti Nokia N95, N97, atau Nokia 5800 XpressMusic. Aplikasi JoikuSpot menyediakan beberapa versi yang baik berbayar maupun yang gratisan alias ‘light’.
Selain merubah ponsel jadi hotspot wifi, aplikasi ini dapat ditetapkan pada Instant Messaging Clients (sperti Skype, Google Talk dan lain sebagainya). JoikuSpot Light telah diuji caba pada beberapa ponsel Nokia dengan versi firmware terbaru.
1.       Langkah Penggunaan
Aplikasi ini dapat didownload pada http://www.joiku.com File hasil download kemudian di transfer ke ponsel dengan menggunakan konektifitas yang tersedia (Bluetooth, infrared, atau kabel data). Beberapa ponsel membutuhkan restart setelah proses instalasi selesai. Jadi bila proses restart tidak terjadi, sebaiknya anda melakukan restart secara manual.
2.       Ketika Aplikasi pertama kali berjalan, anda akan diminta untuk member ijin menggunakan koneksi dari kartu yang anda gunakan. Pilih Yes, pastikan pengaturan akses internet dari kartu yang anda gunakan sudah benar.
3.       Proses akses point akan berlangsung tergantung pada kondisi jaringan kartu yang anda gunakan. Dalam beberapa kali percobaan, proses awal membutuhkan waktu sedikit lama.
4.       Begitu aplikasi telah terbuka dan akses point telah terbentuk, lakukan beberapa penyesuaian. Pengaturan disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda ingini. Bila anda menginginkan keamanan, pada menu ‘encryption’ rubah dari ‘none’ menjadi ‘yes’. Namun bila anda mengalami kesulitan dalam pengaturan sebaiknya memilih pengaturan otomatis.
Demikian juga pengaturan ‘gateway IP Address’, secara otomatis akan terisi dengan pengaturan standard yaitu 192.168.2.1 mirip dengan pengaturan alamat IP pada PC/Komputer. Bila anda menginginkan kalur yang lebih aman sebaiknya alamat IP tersebut dirubah.
5.       Begitu aplikasi dapat melakukan sharing, maka akan terlihat status aktif jaringan dengan nama ‘JoikuSpot’ beserta kode-kode yang mengikuti dibelakangnya.
6.       Untuk melihat status apakah sharing telah dapat dilakukan, geser ke kanan pada fitur ‘status’. Pasa fitur tersebut akan tampak status yang sedang terjadi seperti durasi atau lamanya koneksi yang telah terjadi, durasi atau lamanya koneksi yang telah terjadi, berapa banyak paket data yang telah terjadi, termasuk berapa bite data yang telah terjadi.
7.       Ambil ponsel lainnya yang memiliki akses wifi. Buka menu > koneksi > Wifi > search. Artinya ponsel ini mencari akses Wifi pada ponsel pertama (yang telah terinstal JoikuSpot). Bila ponsel kedua menemukan akses Wifi dengan nama ‘JoikuSpot’ artinya ponsel kedua sudah dapat memanfaatkan akses internet ponsel pertama dengan memakai jalur Wifi. Ponsel kedua dapat mencoba membuka halaman situs tertentu dengan menggunakan jalur Wifi yang disediakan ponsel pertama.
8.       Bila dalam pemakaian jalur terputus, maka pada layar ponsel pertama akan terlihat bahwa aplikasi terhenti.
Aplikasi ini juga dapat berjalan pada mode tersembunyi (hide). Karena itu, bila tidak digunakan sebaiknya aplikasi ditutup.
Sumber artikel : Tips & Trik Tabloid PULSA edisi 187 Th VIII/2010/14-27Juli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar